Jan 18, 2008

Orang kaya=Orang penderma

Pandangan kita sering keliru menyangka orang kaya itu kurang berderma. Tidak juga, mungkin beberapa kasus statemen ini benar tapi di kasus yang lain orang kaya justru yang paling berderma tanpa perlu berteriak-teriak. Dalam ajaran Islam, tangan kanan berbuat baik jangan sampai diketahui oleh tangan kiri. Ada lagi, tangan diatas lebih baik daripada tangan dibawah.

Link berikut menjelaskan betapa orang kaya juga rajin berderma. Menariknya, orang paling kaya di Indonesia ternyata paling banyak berderma. Para penderma (philantrophist) tersebut disusun berdasarkan kontribusi dalam aspek sosial termasuk pendidikan, kesehatan, olah raga, kesenian dan juga bantuan terhadap bencana alam. Mungkin ini menjadi jawaban kenapa Abu Rizal Bakri termasuk orang yang paling berderma, karena bencana Lapindo dimana dia 'diduga' berada dibelakang Lapindo ketika bencana itu terjadi dan sekaligus ikut bertanggung jawab kepada korban. Tapi apakah itu cukup adil bagi korban bencana dan lingkungan yang menjadi rusak?

6 comments:

Dhaniel said...

Pengen comment nama blognya aja nih... bukan terkait sama tulisan ini... Sori iseng... Gimana mau menghilangkan huruf R sedangkan R itu tidak ada di kata dasar evolusinya. Mungkin sebaiknya ditulis (R)evolusi. Kesannya jadi bukan tanpa (R), tapi seakan-akan menambahkan huruf (R). Apa sebenernya ada huruf R yang tersembunyi ya di depan kata evolusi itu? Gue sih ga bisa liat huruf R itu... Atau ini hanya gue yang tidak mampu mengerti aja kali ya? He he he... ^_^

pelantjong maja said...

thanks bung, penekanannya pada 'evolusi' sedangkan (R)evolusi saya berkeyakinan belum perlu.

Koran Saya said...

memang kalau mau berderma tidak perlu bilang-bilang, just do it.

harjo said...

Mau tanya, boleh? Kenapa judul blognya Evolusi?

adam brown said...
This comment has been removed by a blog administrator.
-nad- said...

ya emang ga usah bilang-bilang,
tapi sayangnya, banyak orang yang bilang-bilang..