Oct 4, 2007

tentang corporate social responsibility

Ini pengalaman saya melakukan assessment pada sebuah perkebunan kelapa sawit di Sumatra. Dalam assessment itu, perusahaan ingin mengetahui bagaimana dampak sosial akibat beroperasinya perusahaan sebagai bagian dari tanggung jawab perusahaan kepada konsumen, pemegang saham, masyarakat bahkan kepada lingkungan (bumi). Serba serbi CSR bisa dilihat disini.

Bicara mengenai perubahan sosial adalah ladang perdebatan karena tiap orang memandang perubahan dari sudut pandang yang berbeda. Dan itulah yang terjadi ketika tim mempresentasikan hasil temuan penilaian dampak sosial. Tidak dapat dipungkiri bahwa investasi skala besar membawa perubahan ekonomi yang signifikan bagi masyarakat sekitarnya. Setidaknya, masyarakat mengenal cara baru bertani dimana sebelumnya hanya mengenal perladangan dan kebun karet rakyat.

Disisi lain, perubahan ekonomi bukanlah satu-satunya perubahan yang terjadi. Relasi sosial antara masyarakat dan sumber daya ikut berubah. Contohnya konversi lahan menjadi kebun kelapa sawit telah menghilangkan akses masyarakat kepada tanah ulayat (adat), ditambah lagi komersialisasi lahan kepada pendatang karena nilainya meningkat sejalan beroperasinya perusahaan. Perubahan sosial seperti ini semakin sulit dibahas jika kemudian harus dibandingkan dengan perubahan ekonomi yang relatif dapat diukur secara moneter. Sulitnya lagi, perubahan sosial kadang irreversible sehingga tidak tergantikan dengan nilai uang manapun. Namun upaya pengukuran secara kuantitatif tetap bisa dilakukan namun ini bukanlah angka pasti, hanya menunjukkan indikasinya saja.

Kembali ke presentasi diatas, perusahaan secara implisit berusaha mempertahankan bahwa keberadaan investasi besar menguntungkan masyarakat sedangkan kami mencoba melihat bahwa selain manfaat ekonomi, terjadi perubahan lain yang mungkin bisa mengurangi keuntungan perusahaan dimasa depan. Inilah yang disebut tanggung jawab sosial perusahaan yang diejawantahkan bagaimana menjamin keberlanjutan usaha tanpa mengurangi kesejahteraan masyarakat dan lingkungan.

2 comments:

inung said...

Hallow bung...
Ulasan Anda menarik, terutama berkaitan dengan perkebunan kelapa sawit. saya, inung guarba, dari majalah info sawit, jakarta, cibubur (infosawit.com) sedang menyusun laporan ttg CSR. sy ingin berbincang dengan Anda lebih lanjut. via imel? YM? telp? thank b4

inungarea@gmail.com

pelantjong maja said...

silahkan kontak via japri. senang bisa membantu.